Wow, Robot Capai Titik Terdalam di Lautan

June 11, 2009


Nereus (bbc)

Nereus, robot selam generasi terbaru ini berhasil menjadi kendaraan ketiga dalam sejarah yang sukses menyambangi titik terdalam di lautan. Titik terdalam ini ada di area Mariana Trench di lautan Pasifik.

Nereus sukses menjelajahi Challenger Deep, jurang laut yang ada di Mariana Trench pada kedalaman sekitar 11 km. Pencapaian ini dilakukan pada tanggal 31 Mei yang dibesut oleh tim dari Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) yang berbasis di Massachusetts, Amerika Serikat.

Dikutip detikINET dari ThaiIndian, Kamis (4/6/2009), Nereus adalah robot selam yang diklaim paling canggih sehingga mampu menyelam lebih dalam ketimbang perangkat lainnya. Sembari menyelam sangat dalam, Nereus juga tetap mampu merekam film dan mengkoleksi sampel yang dibutuhkan untuk ilmu pengetahuan.

Nereus dikendalikan dari permukaan laut. Namun jika diperlukan, si robot juga bisa beroperasi secara mandiri.

"Nereus tidak seperti kendaraan selam lainnya. Robot ini dapat mengeksplorasi area yang luas dengan efektif. Dengan robot seperti Nereus, kita bisa menjelajah area manapun di lautan," umbar tim dari WHOI.

Sebelumnya, baru ada dua kendaraan selam yang pernah mencapai dasar Chalengger Deep yakni Trieste buatan Amerika dan robot Kaiko dari Jepang. Namun saat ini, keduanya sudah tidak aktif lagi.


0 Comments:

Post a Comment

NO Junk

Tentang blog ini